FASILITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN


Berikut beberapa layanan yang ada di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu:

1. Layanan Locker

Layanan Locker adalah layanan penitipan barang yang tidak diperbolehkan dibawa masuk ke dalam perpustakaan. Pelayanan locker ini hanya untuk pengunjung yang masuk ke dalam perpustakaan Demi keamanan bersama tidak diperkenankan meninggalkan barang berharga di pelayanan locker.

2. Layanan Keanggotaan

Layanan Keanggotaan adalah layanan yang diberikan kepada pemustaka UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu untuk pendaftaran dan registrasi anggota perpustakaan.

3. Layanan Baca di Tempat

Layanan Baca di Tempat diberikan kepada pemustaka UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu bertempat dilantai II dan III perpustakaan dan ruang baca di fakultas. Layanan baca ditempat lantai II menyediakan koleksi referensi berupa kamus, ensiklopedia dan bibliografi, koleksi karya ilmiah berupa skripsi, tesis, dan disertasi, jurnal Layanan baca ditempat lantai III menyediakan koleksi teks book (buku teks) yang terdiri dari koleksi umum dan koleksi Islam.

4. Layanan Sirkulasi

Adalah jasa layanan yang memberikan informasi koleksi yang dibutuhkan oleh pemustaka dengan sistem peminjaman dan pengembalian bahan pustaka. Pemustaka dapat meminjam bahan pustaka yaitu koleksi buku teks yang ada di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu dengan cara memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Perpustakaan.

5. Layanan Referensi

Adalah jasa layanan yang memberikan informasi secara cepat, koleksi yang dibutuhkan oleh pemustaka dengan sistem baca ditempat atau fotocopy. Layanan referensi UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu bertempat di lantai II dan menyediakan bahan koleksi berupa skripsi, tesis, kamus, ensiklopedia, majalah,sumber referensi lain serta surat kabar.

6. Layanan Penelusuran Informasi

UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui katalog buku manual dan dengan menggunakan layanan OPAC (Online Public Acces Catalog). Layanan OPAC yang digunakan oleh Pusat Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu adalah dengan menggunakan aplikasi SLiMS (Senayan Library Management System).

7. Layanan Literasi Informasi

Merupakan layanan yang memberikan bimbingan kepada pemustaka tentang bagaimana cara menemukan informasi, memanfaatkan informasi, plagiarisme, dan informasi lainnya baik informasi digital maupun informasi tentang kepustakawanan.

8. Layanan Penyediaan Dokumen

Adalah layanan yang diberikan kepada pemustaka maupun lembaga-lembaga tertentu yang berkaitan dengan permintaan dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan observasi, penelitian, akreditasi dan lain sebagainya. Beberapa dokumen yang dapat diunduh secara langsung melalui website UPT Perpustakaan UM Bengkulu seperti E-Book Profil, E-Book Panduan Perpustakaan, dan Formulir Cek Plagiarsime yang dapat anda unduh pada menu “Download”. Selain itu anda dapat mengunjungi UPT Perpustakaan UM Bengkulu secara langsung untuk memenuhi kebutuhan dokumen lainnya.

9. Layanan Perpustakaan Keliling

Dilakukan setiap hari jum’at minggu pertama dan ketiga pukul 08.00-10.00 WIB setiap bulannya. Adapun layanan yang diberikan adalah membuka lapak baca dengan menyediakan buku-buku bacaan yang terkait dengan fakultas/prodi dimana lapak tersebut dibuka.

10. Layanan Bebas Pustaka

Merupakan layanan yang diberikan kepada pemustaka yang hendak wisuda dan pindah studi. Layanan ini diberikan sebagai bukti bahwa pemustaka tersebut tidak memiliki permasalahan atau sangkutan bahan pustaka/ buku yang ada diperpustakaan

11. Layanan Workstation

Merupakan pelayanan penyediaan fasilitas komputer yang dapat digunakan untuk akses koleksi digital, pengetikan, penelitian dan akses internet.

12. Layanan Cek Plagirasime

UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu menyediakan Layanan Pemeriksaan Plagiarisme bagi mahasiswa (Laporan Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dll) aplikasi yang digunakan yaitu Turnitin. Layanan ini merupakan bagian dari bentuk menegakkan etika akademik. Untuk mendapatkan layanan ini, mahasiswa dapat mengisi formulir melalui petugas atau dapat mengunduh formulir cek plagiarisme pada menu “download” pada sub menu “Formulir Cek Plagiarsme”atau melalui melalui https://bit.ly/FormulirCekPlagiarisme

13. Silang Layan

Silang Layanan di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu merupakan layanan yang diberikan kepada pemustaka apabila bahan pustaka/buku yang diinginkan tidak tersedia diperpustakaan.

14. Layanan E-resources

Layanan E-resources di UPT Perpustakaan Muhammadiyah Bengkulu adalah layanan penelusuran online yang diberikan kepada pemustaka dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Layanan ini menyediakan berbagai item penelusuran online seperti e-library, repository, e-journal, dan google scholar.

15. Layanan Perpustakaan Digital (E-Library)

UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu menyediakan Layanan Perpustakaan Digital yang bernama E-Library Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang berguna untuk kemudahan akses sumber belajar di mana pun dan kapan pun.

*Untuk informasi lebih lanjut tentang cara penggunaan layanan perpustakaan, anda bisa mengunduh e-book panduan UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu pada menu download kemudian klik E-book Panduan.